Profil

Program studi Fotografi adalah bagian dari Fakultas Seni Media Rekam, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, yang mempelajari dan mengabadikan bentuk-bentuk serta peristiwa-peristiwa, baik  alami maupun buatan, dalam rangka menciptakan bentuk karya seni fotografi yang indah dan mempunyai nilai serta makna yang sesuai dengan nilai budaya dan kepribadian nasional.

Profil lulusan program studi Fotografi memiliki kompetensi dalam bidang keahlian: fotografi ekspresi (fotografi yang menekankan aspek seni, kreativitas, dan inovasi yang berorientasi pada ekspresi pribadi penciptanya), fotografi komersial (fotografi yang mengarah pada aplikasi kreativitas dan inovasi dalam wujud pelayanan jasa fotografi secara profesional di dunia kerja, baik secara mandiri maupun di dalam tim), fotografi jurnalistik (fotografi yang menitikberatkan kreativitas dan inovasi di bidang foto jurnalistik yang profesional, beretika, dan menjunjung tinggi profesi).

Program Studi Fotografi memiliki mata kuliah Kerja Profesi yang berbasis pada pengetahuan dan pengalaman di lapangan. Mata kuliah ini memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengimplementasikan kemampuan secara langsung di dunia kerja dalam rangka meningkatkan kreativitas dan memperkaya pengalaman profesional bidang keahlian serta memperkuat jejaring dengan stakeholder.

Fot Bersama Ruben - Fotografi Dalam Air
Fot Bersama Ruben – Fotografi Dalam Air

Program Studi Fotografi memproyeksikan profil lulusan yang profesional, menguasai teori, ilmu pengetahuan, teknologi, dan teknik fotografi sehingga terampil dalam proses penciptaan dan pengkajian karya seni fotografi. Diharapkan lulusan  mampu bersaing di dunia kerja dan memiliki kompetensi di bidang fotografi sebagai jawaban atas ketatnya persaingan lapangan pekerjaan saat ini.

Suasana Pendidikan

Gedung Program Studi Fotografi
Gedung Program Studi Fotografi

Program studi Fotografi memiliki suasana akademik yang kondusif, nyaman, dan difasilitasi berbagai sarana yang memadai sehingga mendukung peningkatan hasil proses studi. Bersamaan dengan itu, proses interaksi yang terjalin antara tenaga pengajar dan mahasiswa turut membangun suasana akademik yang sesuai dengan harapan.

Sarana

Studio fotografi dilengkapi dengan peralatan-peralatan berkualitas yang mengacu pada standar profesional dan tuntutan perkembangan kebutuhan terkini. Tersedia sarana, seperti kamera large format (Sinar F2), kamera medium format (Mamiya RZ, Mamiya 645 AFD II, Fuji GX680), studio foto in door, studio alam, kamar gelap (darkroom), studio cetak foto digital (Large Format Printer), dan studio editing foto digital.

Proses Belajar Mengajar

Proses belajar mengajar diselenggarakan melalui kelas teori dan praktik yang dilakukan secara sinergis dan kontinu. Metode pembelajaran klasikal, praktikum, diskusi, seminar, workshop, studi banding, dan Kerja Profesi akan meningkatkan motivasi mahasiswa dalam meningkatkan kompetensinya.